Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al Badr

Pengiriman mushaf mushaf Al Qur’an ke luar Jawa

Rumah Qur’an Al Badr siap untuk menjembatani, dan memfasilitasi dua fihak yang sama sama memiliki kepentingan untuk mendulang pahala, dan menebar kebaikan di tengah masyarakat melalui jalur program waqaf Al Qur’an.

Dua kepentingan besar golongan masyarakat

Di belahan bumi lain, masih di negeri Indonesia tercinta ini, sungguh masih banyak terdapat kaum dhuafa yang berada di tengah tengah masyarakat muslimin yang belum memiliki kemampuan untuk membaca Al Qur’an dengan baik dan benar karena terkendala oleh keterbatasan biaya ataupun sarana untuk belajar.

Bahkan masih banyak pula di antaranya yang belum mampu walaupun untuk sekedar membeli buku buku pelajaran atau mushaf Al Qur’an agar dapat dijadikan bacaan rutinnya setiap hari.

Sementara di sisi lainnya, ada pula di antara masyarakat muslimin yang memiliki kondisi lapang yang begitu mengharapkan keberkahan atas perbendaharaan hartanya tersebut.

Agama Islam yang mulia ini telah menganjurkan kepada setiap masyarakat yang memiliki keleluasaan harta untuk ikut membantu saudara saudaranya di dalam kebaikan, yang di antaranya adalah dengan memberikan bantuan seperti sedekah, dan memberikan fasilitas buku buku materi belajar, ataupun mushaf mushaf Al Qur’an.

Dengan demikian Rumah Qur’an Al Badr tergerak untuk ikut memfasilitasi serta menjembatani terwujudnya cita cita mulia di antara kedua fihak tersebut, yaitu melalui sebuah program yang bertajuk Waqaf Al Qur’an.

Kabar terkini penerimaan mushaf Al Qur’an waqaf.

Bulan Februari 2024 Rumah Qur’an Al Badr menerima sumbangan mushaf Al Qur’an dan buku buku pengetahuan Islam dari masyarakat sebanyak 3 kali.

  • Penerimaan mushaf Al Qur’an waqaf yang pertama.

Penerimaan pertama di bulan Februari 2024 berasal dari Jamaah Masjid Baitul Makmur, Ragunan, Jakarta Selatan berupa 80 buah mushaf Al Qur’an.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, serah terima donasi mushaf Al Qur’an waqaf dari jama’ah pengajian subuh masjid Baitul Makmur kepada Rumah Qur’an Al Badr Jakarta.

Donasi waqaf Al Qur’an kali ini sejatinya adalah kelanjutan dari donasi yang sebelumnya disampaikan oleh Jamaah pengajian Subuh yang diwakilkan oleh ustadz H. Syahrir pada bulan Januari 2024. Ketika itu donasi berupa uang tunai yang diserahkan sejumlah satu juta Rupiah, yang kemudian dikonversikan dengan 20 buah mushaf Al Qur’an, sehingga jumlah keseluruhan mushaf Al Qur’an yang diwakafkan oleh jama’ah Masjid Baitul Makmur kepada Rumah Qur’an Al Badr sejak bulan Januari 2024 adalah 100 buah mushaf Al Qur’an.

Masjid Baitul Makmur yang terletak di Jl. Ampera 1 Rt.002 Rw. 09 adalah tetangga dekat Rumah Qur’an ( RQ ) Al Badr yang terletak di Jl. Kancil Rt. 001 Rw. 09.

Sebagai lembaga mitra dakwah, ketua Rumah Qur’an Al Badr ( ustadz Salim. Lc. ) secara rutin ikut bersilaturahmi dan bertandang ke masjid Baitul Makmur untuk menyampaikan beberapa tausiyah setelah sholat Subuh berjamaah.

  • Penerimaan waqaf Al Qur’an yang ke dua.

Penerimaan mushaf Al Qur’an waqaf yang ke dua datang dari kantor Badan Waqaf Al Qur’an ( BWA ) yang beralamat di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

Dokumentasi foto Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, serah terima pengiriman bantuan waqaf 200 buah mushaf Al Qur’an dari Badan Waqaf Al Qur’an ( BWA ) kepada Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, Februari 2024.

Dokumentasi foto Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, 200 mushaf Al Qur’an bantuan dari Badan Waqaf Al Qur’an ( BWA )

Bantuan mushaf Al Qur’an yang dikirim melalui jasa ekspedisi ini berjumlah 200 buah mushaf Al Qur’an dan terjemahannya yang telah diterima di sekretariat Rumah Qur’an Al Badr pada tanggal 22 Februari 2024.

Direncanakan mushaf mushaf Al Qur’an bantuan dari Badan Waqaf Al Qur’an ( BWA ) akan didistribusikan kepada masyarakat di kota Jakarta yang telah mengajukan permohonan pengiriman mushaf Al Qur’an kepada Rumah Qur’an Al Badr beberapa pekan sebelumnya.

  • Penerimaan waqaf Al Qur’an yang ke tiga.

Penerimaan waqaf Al Qur’an yang ke tiga di bulan Februari terdiri dari mushaf mushaf Al Qur’an berikut buku buku pengetahuan Islam yang disumbangkan oleh PT. Intan Permata, Jakarta atas rekomendasi dari penasihat Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr, bapak Prof. DR. Awaluddin Tjalla. M.Pd.

Kabar terkini pengiriman mushaf waqaf Al Qur’an

Dari beberapa pengajuan pengiriman mushaf Al Qur’an yang diminta oleh masyarakat, sebanyak dua buah pengajuan telah dapat direalisasikan pengirimannya secara berturut turut di bulan Februari 2024.

  • Destinasi pengiriman yang pertama

Destinasi pengiriman yang pertama adalah mushaf Al Qur’an yang ditujukan kepada masyarakat jamaah masjid Al Muttaqien, yang beralamat di dusun Pandan, desa Sukodono, kecamatan Donorejo, kabupaten Pacitan, Jawa Tengah.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, team Rumah Qur’an Al Badr saat packing mushaf Al Qur’an dan buku Iqro untuk dikirimkan ke masjid di kota Pacitan, Jawa Timur, Februari 2024


Dokumentasi foto Rumah Qur’an Al Badr, pengiriman mushaf Al Qur’an waqaf dari masyarakat ke luar daerah, Januari 2024.

Dokumentasi foto Rumah Qur’an Al Badr, kuitansi ekspedisi darat, tanda pengiriman mushaf Al Qur’an waqaf dari masyarakat ke luar daerah ( Dinorojo, kota Pacitan ), Januari 2024.

Pengiriman nya telah terlaksana pada tanggal 10 Februari 2024 melalui ekspedisi jalur darat, dan telah diterima langsung oleh para Jamaah masjid pada tanggal 14 Februari 2024.

Tahap awal pengiriman berupa mushaf Al Qur’an 30 pcs dan buku Iqro 30 pcs. Oleh karena adanya kebutuhan yang cukup banyak untuk jamaah masjid dan TPA setempat, direncanakan akan dikirimkan lagi mushaf Al Qur’an dan buku Iqro tambahan beberapa pekan ke depan.


Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, file dokumentasi yang dikirimkan oleh bapak Agus Supriono, jama’ah masjid Al Muttaqien di kabupaten Pacitan Jawa Timur, saat mushaf Al Qur’an kiriman dari Rumah Qur’an Al Badr telah sampai di lokasi tujuan.

  • Destinasi pengiriman yang ke dua

Destinasi pengiriman yang ke dua adalah mushaf Al Qur’an yang diwakafkan oleh jama’ah masjid Baitul Makmur, Ragunan, Jakarta Selatan di Rumah Qur’an Al Badr untuk masyarakat yang berada di Salawati Tengah, Papua Barat.

Rumah Qur’an Al Badr di Salawati Tengah, Papua Barat adalah cabang Rumah Qur’an Al Badr pusat yang berada di Jakarta.


Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, pengiriman oleh pengurus Rumah Qur’an Al Badr Jakarta ( ustadz Salim Lc, dan Loliek Soma Romadhon ) menuju kantor ekspedisi jalur laut, mushaf Al Qur’an sumbangan dari jama’ah kajian subuh masjid Baitul Makmur kepada Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat untuk dibagikan kepada masyarakat setempat.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, Pengiriman waqaf mushaf Al Qur’an di kantor ekspedisi jalur laut menuju Papua, oleh ustadz Salim Lc dan Loliek Soma Romadhon, Februari 2024.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, kuitansi pengiriman waqaf Al Qur’an menuju dermaga Sorong, Papua Barat.

Mushaf mushaf Al Qur’an waqaf tersebut kini telah dikirim ke kota Sorong, Papua Barat melalui ekspedisi jalur angkutan laut dan darat, yang diperkirakan akan sampai di tempat tujuan, dalam waktu sekitar 15 hari ke depan, in syaa Allah.

Ucapan terimakasih

Rumah Qur’an Al Badr mengucapkan banyak terimakasih kepada para donatur dan muhsinin yang telah mendonasikan baik berupa uang tunai, maupun mushaf mushaf Al Qur’an serta buku buku pengetahuan Islam, syukron jazaakumullahu Khoiron.

Semoga bermanfaat bagi kemaslahatan dan membawa keberkahan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Rumah Qur’an Al Badr kembali mengajak dan mengundang masyarakat untuk berpartisipasi dalam program mewaqafkan Al Qur’an dan buku buku pengetahuan Islam serta memberikan dukungan bagi program program lainnya yang kini tengah berjalan di Rumah Qur’an Al Badr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Open chat
Assalamualaikaum warhamatullah..
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi admin.