Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al Badr

Pesona Ramadhan 1445 H di Rumah Qur’an Al Badr

Pesona Ramadhan 1445 H di RQ Al Badr
Kegiatan demi kegiatan yang diselenggarakan di Rumah Qur’an Al Badr pada bulan Ramadhan kali ini ( 1445 H ) merupakan bagian dari rangkaian acara yang progres nya sudah dimulai sejak dari beberapa pekan sebelumnya dalam event kegiatan pra Ramadhan.

Di samping kegiatan belajar santri ( KBM ) yang rutin diselenggarakan hingga pertengahan Ramadhan, program kegiatan khas bulan Ramadhan di Rumah Qur’an Al Badr seolah telah menjadi event yang ditunggu tunggu oleh seluruh santri dan warga di Rumah Qur’an Al Badr.

Seluruh warga di Rumah Qur’an Al Badr tak terkecuali para pengurus serta team pengelola Rumah Qur’an Al Badr pun turut serta dalam agenda kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini.

Baca juga :

Arsip kegiatan Ramadhan tahun 1444 H / 2023

Video promosi kegiatan Ramadhan 1445 H / Maret – April 2024, Rumah Qur’an Al Badr.

Berdasarkan proposal kegiatan Ramadhan yang telah dipublikasikan melalui media informasi, kegiatan Ramadhan mencakup beberapa jenis kegiatan yang diselenggarakan, yang di antara nya :

Kegiatan santri pra Ramadhan seperti perlombaan antar santri TPA, lomba hafalan Al Qur’an ( juz Amma ), lomba hafalan hadits, lomba adzan, lomba cerdas cermat, dan lomba mewarnai gambar.

Setelah masa kegiatan pra Ramadhan usai, kegiatannya kemudian berlanjut dengan kegiatan khas bulan Ramadhan.

Kegiatan khas bulan Ramadhan 1445 H

  • Buka puasa bersama

Momentum buka puasa bersama santri santri di Rumah Qur’an Al Badr barangkali merupakan acara paling kolosal yang diselenggarakan dalam lingkungan Rumah Qur’an Al Badr.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 80 orang santri dan staf pengajar Rumah Qur’an Al Badr ini sampai diagendakan dalam dua sesi acara, oleh karena keterbatasan luas ruangan yang dapat menampung lebih dari 100 peserta acara sekaligus.

Sesi pertama acara buka puasa bersama diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2024, yang dihadiri oleh santri santri khusus dari halaqah 1 sampai halaqah 4.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, sesi 1 buka puasa bersama santri halaqah 1 sampai 4.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santunan santri

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, penganugerahan hadiah, piala, serta piagam penghargaan kepada para pemenang lomba

Sesi ke dua buka puasa bersama diselenggarakan pada hari Ahad, tanggal 24 Maret 2024, diikuti oleh santri santri dari halaqah 5 sampai halaqah 8.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, sesi 2 buka puasa bersama santri halaqah 5 sampai 8.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, tausiyah yang disampaikan sebagai pengantar pembukaan acara buka puasa bersama.

Dalam acara buka puasa bersama tersebut, seperti biasanya diawali dengan kata sambutan dari para guru pembimbing yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah lomba pra Ramadhan kepada para juara, dan pemberian angpao hadiah Lebaran bagi seluruh santri yang hadir, hingga tiba waktu adzan Maghrib berkumandang, waktunya berbuka puasa bersama.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, penyerahan hadiah lomba, piala, dan piagam penghargaan kepada para santri pemenang lomba pra Ramadhan jelang buka puasa bersama.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santunan santri santri Al Badr.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santri santri kecil tengah berbuka puasa bersama.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santri santri akhwat tengah berbuka puasa bersama.

Dalam kesempatan tersebut, meskipun panitia telah menyediakan aneka menu hidangan berbuka puasa bersama akan tetapi ada di antara para donatur yang turut andil mengirimkan menu tambahan berbuka puasa seperti nasi goreng, dan siomay.

Untuk itu Rumah Qur’an mengucapkan banyak terimakasih, Syukron jazaakumullahu Khoiron.

Dengan selesai nya acara buka puasa bersama, Rumah Qur’an Al Badr mengumumkan perihal liburan KBM untuk menyambut hari raya Idul Fitri, hingga tanggal 20 April 2024.

Sesuai kalender kegiatan, KBM akan kembali dibuka secara perdana pada hari Senin, tanggal 22 April 2024.

  • Buka puasa bersama pengurus dan para santri dewasa serta jama’ah Rumah Qur’an Al Badr

Sebagaimana telah diagendakan sebelumnya, Rumah Qur’an Al Badr juga menyelenggarakan acara buka puasa bersama para jama’ah bapak bapak Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, suasana buka puasa bersama jama’ah Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi Video Rumah Qur’an Al Badr, suasana jelang buka puasa bersama jama’ah

  • Undangan buka puasa bersama dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ( KKSS )

Sebagaimana momen spesial Ramadhan tahun lalu ( 1444 H / 2023 ), undangan silaturahmi untuk menghadiri acara buka puasa bersama kembali disampaikan oleh bapak DR. Awaluddin Tjalla. Mpd yang mewakili Badan pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ( BPP – KKSS ).

Baca juga :

Arsip silaturahmi BPP-KSS tahun 2023

Nama DR. Awaluddin Tjalla. Mpd barangkali sudah tidak asing bagi lingkungan keluarga besar Rumah Qur’an Al Badr. Di samping sebagai penasihat untuk Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr, beliau cukup aktif dalam memberikan dukungan bagi program pendidikan dan waqaf Al Qur’an di Rumah Qur’an Al Badr.

Kata sambutan dari imam besar masjid Istiqlal Jakarta yang juga mewakili Himpunan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, bapak Prof. DR. Nasaruddin Umar kepada para tamu undangan silaturahmi dan buka puasa bersama di gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu 23 Maret 2024.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, team Al Badr saat menghadiri undangan.

  • Rumah Qur’an Al Badr berbagi ta’jil berbuka puasa

Seperti kegiatan di tahun tahun sebelumnya, Rumah Qur’an Al Badr kembali menyelenggarakan program kegiatan berbagi ta’jil berbuka puasa dengan kurma.

Dokumentasi video Rumah Qur’an Al Badr, pembagian kurma untuk berbuka puasa kepada masyarakat di sekitar Rumah Qur’an Al Badr menjadi salah satu agenda kegiatan khas Ramadhan 1445 H di Rumah Qur’an Al Badr Jakarta.

Area utama pembagian kurma adalah di sekitar sekretariat Rumah Qur’an Al Badr, kemudian di sepanjang Jl. Kancil, Masjid Darussalam, dan wilayah sekitar Rumah Qur’an Al Badr di Jl. Musyawarah Rt. 008 Rw. 02.

Distribusi kurma berbuka puasa kepada masyarakat dilakukan dengan cara keliling dan door to door oleh penanggung jawab divisi Sosial dengan durasi satu kali untuk setiap pekannya selama bulan Ramadhan.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, pembagian kurma gratis untuk berbuka puasa bagi masyarakat di lingkungan sekitar Rumah Qur’an Al Badr, pekan pertama.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, pembagian kurma gratis untuk berbuka puasa bagi masyarakat di lingkungan sekitar Rumah Qur’an Al Badr, pekan ke dua.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, pembagian kurma gratis untuk berbuka puasa bagi masyarakat di lingkungan sekitar Rumah Qur’an Al Badr, pekan ke tiga.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, pembagian kurma gratis untuk berbuka puasa bagi masyarakat di lingkungan sekitar Rumah Qur’an Al Badr, pekan ke empat.

Baca juga :

Arsip kegiatan bagi bagi takjil tahun 2023

  • Santunan santri yatim

Dalam kesempatan kegiatan bulan Ramadhan 1445 H, Rumah Qur’an Al Badr turut menyantuni 8 orang santri yatim.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santunan kepada para santri yatim Rumah Qur’an Al Badr Jakarta.

  • Santunan santri dhuafa

Secara keseluruhan, Rumah Qur’an Al Badr juga memberikan santunan kepada 80 orang santri dan anak anak dhuafa yang belajar di Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santunan bagi para santri

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santunan bagi santri yatim dan dhuafa

  • Santunan fii Sabilillah

Dalam konteks fii Sabilillah, santunan juga diberikan kepada santri santri dewasa yang sedang menuntut ilmu di pondok pondok pesantren.

Rumah Qur’an Al Badr memberikan santunan kepada 2 orang santri Al Badr yang bersekolah di pondok pesantren, serta satu orang santri dari masyarakat yang juga bersekolah di pondok pesantren.

Ketiga santri tersebut adalah Iban, Hanafi, serta Naddar.

Iban dan Hanafi saat ini sedang menempuh pendidikan madrasah Aliyah di pondok pesantren Zaid bin Haritsah, di kota Bogor , sedangkan Naddar adalah siswa madrasah Tsanawiyah di pondok pesantren Zaid bin Tsabit, Gunung Putri, Bogor.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santunan fii Sabilillah kepada 3 orang santri lingkungan Rumah Qur’an Al Badr yang saat ini tengah belajar di pondok pesantren di Bogor, Jawa Barat.

  • Santunan guru ngaji dan pengurus Rumah Qur’an

Sebagaimana kepada para santri, Rumah Qur’an Al Badr juga memberikan santunan berikut bingkisan untuk menyambut hari raya Idul Fitri kepada 5 orang guru mengaji dan kepada 15 team kerabat kerja yang selama ini mengajar para santri serta mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk mengelola beragam pelaksanaan kegiatan di Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, Santunan kepada guru guru ngaji yang mengajar Al Qur’an di Rumah Qur’an Al Badr Jakarta.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santunan kepada pengurus Rumah Qur’an Al Badr, Jakarta.

  • Santunan kepada para lansia

Islam adalah agama Rahmatan lil Alamiin yang sangat memperhatikan keadaan semua golongan dan lapisan masyarakat.

Bulan Ramadhan 1445 H, Rumah Qur’an Al Badr memberikan santunan kepada 6 orang lansia yang berada di lingkungan sekitar Rumah Qur’an Al Badr Jakarta.

Para lansia adalah orang tua yang sudah selayaknya untuk diperhatikan keadaan dan kesejahteraan nya.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, santunan kepada para lansia di sekitar Rumah Qur’an Al Badr.

  • Distribusi waqaf Al Qur’an

Selama bulan Maret yang juga bertepatan dengan bulan Ramadhan 1445 H, Rumah Qur’an Al Badr menerima sejumlah sumbangan mushaf Al Qur’an dan donasi program waqaf Al Qur’an.

Dokumentasi video Rumah Qur’an Al Badr, ucapan terimakasih dan doa dari jama’ah masjid Al Barokah di kabupaten Kulonprogo Yogyakarta atas kiriman mushaf Al Qur’an dari masyarakat yang menitipkan sumbangan Waqaf Al Qur’an nya di Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, penyaluran bantuan mushaf Al Qur’an dan buku Iqro ke beberapa TPA di sekitar Rumah Qur’an Al Badr.

Donasi yang terkumpul tersebut kemudian disalurkan dalam bentuk mushaf mushaf Al Qur’an dan buku materi Iqro kepada masyarakat yang membutuhkannya, berdasarkan ajuan yang datang dari TPA-TPA yang berada di sekitar Rumah Qur’an Al Badr.

Pengiriman mushaf waqaf Al Qur’an juga dilaksanakan untuk memenuhi permintaan jamaah masjid di wilayah Pacitan, Jawa Timur dan kabupaten Gunung Kidul, Daerah istimewa Yogyakarta.

Sebanyak hampir 100 buah mushaf Al Qur’an telah dikirimkan dan telah diterima oleh masyarakat setempat.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, serah terima waqaf Al Qur’an dari ustadz Ibrahim, imam masjid Kalibata city kepada team Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, penerimaan kiriman mushaf Al Qur’an waqaf untuk jama’ah masjid Al barokah yang beralamat di Wates RT 01 RW 11, Karangsari, semin, gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, serah terima waqaf buku dzikir untuk dikirim kepada para santri Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, serah terima 10 mushaf Al Qur’an untuk dikirim kepada masyarakat di daerah Kuningan, Jawa Barat

  • Program itikaf 10 malam terakhir Ramadhan

Program berikutnya yang juga rutin dilaksanakan adalah menyelenggarakan itikaf pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan bagi 10 orang peserta itikaf.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, suasana I’tikaf 10 malam terakhir bulan Ramadhan bersama Rumah Qur’an Al Badr di masjid As Salam, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, suasana i’tikaf 10 malam terakhir bulan Ramadhan bersama Rumah Qur’an Al Badr di masjid Darussalam.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, suasana i’tikaf 10 malam terakhir bulan Ramadhan bersama Rumah Qur’an Al Badr di masjid Darussalam.

Program itikaf adalah menghidupkan 10 malam terakhir di bulan Ramadhan dengan cara menginap di masjid dengan menyelenggarakan beraneka kegiatan seperti membaca Al Qur’an, dzikir, berdoa, mengikuti majelis taklim, Qiyamullail ( sholat tahajud ), dan sahur bersama yang anggaran operasional nya dipenuhi dari sumbangan donasi para donatur di Rumah Qur’an Al Badr.

Program itukaf pada 10 malam terakhir ini semata mata sebagai wasilah untuk dapat memperoleh kemuliaan malam “Lailatul Qadr”.

Sebagaimana para peserta i’tikaf Ramadhan yang akan mendapatkan kemuliaan lebih dari 1000 bulan beramal sholih, para donatur pun in syaa Allah akan memperoleh kebaikan yang serupa dengan bantuan berupa donasi yang diberikannya untuk kesuksesan program itukaf 10 malam terakhir Ramadhan tersebut.

  • Bantuan operasional buka puasanya bersama santri RQ Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Rumah Qur’an Al Badr Jakarta berkomitmen pula untuk senantiasa membimbing serta mendukung kelangsungan kegiata belajar serta dakwah di Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Dalam kesempatan Ramadhan 1445 H ini, Rumah Qur’an Al Badr pusat di Jakarta memberikan bantuan operasional kegiatan buka puasa bersama yang dijadwalkan pada tanggal 8 April 2024.

Bantuan operasional tersebut diambil dari sumbangan dari para donatur pada program Ramadhan Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi kegiatan santri Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Dokumentasi kegiatan santri Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Dokumentasi kegiatan santri Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Dokumentasi kegiatan santri Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Dokumentasi video kegiatan Ramadhan 1445 H di Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Dokumentasi kegiatan Ramadhan 1445 H, santri Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Dokumentasi kegiatan Ramadhan 1445 H, santri Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Open chat
Assalamualaikaum warhamatullah..
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi admin.