Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al Badr

Santri RQ Al Badr, 2024

Beragam jenis kegiatan yang kini tengah diikuti oleh para santri di Rumah Qur’an Al Badr secara umum dikatakan dapat terselenggara dengan baik khususnya pada bulan Sya’ban 1445 H yang bertepatan pula dengan bulan Januari hingga Februari 2024 M.

Dokumentasi foto, Rumah Qur’an Al Badr

Rajin pangkal pandai

Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah dengan mengevaluasi sampai sejauh manakah perkembangan dan prestasi belajar para santri yang selama ini tengah belajar di Rumah Qur’an Al Badr.

Memang benar, tidak semua peserta didik memiliki kemampuan untuk berkembang serta memberikan catatan prestasi yang istimewa dalam rentang waktu yang relatif singkat.

Beberapa kalangan santri ada yang terbilang sangat cepat didalam menerima bimbingan dan materi pelajaran, ada pula yang masih terbilang baik secara rata rata kelas, dan di antaranya ada pula santri santri yang masih memerlukan waktu lebih untuk dapat menyerap dengan baik seluruh pelajaran yang diberikan oleh para guru.

Meskipun demikian, satu hal yang patut untuk dijadikan parameter utama bagi para pembimbing terhadap santri santri di Rumah Qur’an Al Badr adalah mengenai tingkat kehadiran ( presensi ) para santri untuk belajar di kelas sebagai cerminan atas tingkat kesungguhan para santri di dalam belajar.

Sehingga bagi para santri yang tergolong cerdas sekalipun, dan cepat dalam menguasai materi pelajaran tetap tidak akan diperkenankan untuk banyak melakukan izin ( abstain ) apalagi sampai mengabaikan pentingnya jumlah kehadiran di kelas ( presensi ), dan sebaliknya bagi para santri yang tergolong masih berada pada level di bawah rata rata dalam hal kecepatan menyerap pelajaran sangat ditekankan untuk rajin hadir di dalam menuntut ilmu.

Perkembangan belajar santri RQ Al Badr, awal Februari 2024

• Tabel perkembangan belajar santri halaqah 1.

Tabel perkembangan belajar santri halaqah 2.

• Tabel perkembangan belajar santri halaqah 3.

• Tabel perkembangan belajar santri halaqah 4.


• Tabel perkembangan belajar santri halaqah 5. ( Maghrib mengaji )

• Tabel perkembangan belajar santri halaqah 6. ( Maghrib mengaji )

• Tabel perkembangan belajar santri halaqah 7.

• Tabel perkembangan belajar santri halaqah 8.

Program tasmi’ hafalan Al Qur’an

Pada bulan Januari hingga Februari 2024, para santri dari Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, provinsi Papua Barat tercatat telah sukses dalam membukukan prestasi perkembangan hafalan Al Qur’an sebanyak 1 juz, yang secara langsung ( live ) diuji kepada musrif Rumah Qur’an Al Badr, ustadz Salim. Lc. di Jakarta melalui platform Google meet.

Tayangan live tasmi’ tersebut dapat diakses langsung oleh seluruh masyarakat di seluruh Indonesia.

Infografis penghargaan prestasi santri RQ Al Badr Jakarta, Januari dan Februari 2024

Dokumentasi grafis RQ Al Badr Jakarta, setoran tahsin tilawah Al Qur’an surat Al Baqarah, 19 Februari 2024, santri Irfan Aditya Nugraha


Dokumentasi grafis RQ Al Badr Jakarta, setoran tahsin tilawah Al Qur’an juz 4, 15 Februari 2024, santri Ramdhan Dihas

Dokumentasi grafis RQ Al Badr Jakarta, setoran tahsin Iqro 5, 15 Februari 2024, santri Arazka

Dokumentasi grafis RQ Al Badr Jakarta, setoran tahsin tilawah Al Qur’an juz 1, 03 Februari 2024, santri Kenzi Muhammad Akhtar

Dokumentasi grafis RQ Al Badr Jakarta, setoran tahsin tilawah Al Qur’an juz 2, 23 Januari 2024, santri Irfan Aditya Nugraha

Dokumentasi grafis RQ Al Badr Jakarta, kelulusan tahsin Iqro 6, 12 Januari 2024, santri Muhammad Adnan Rosyadi

Dokumentasi grafis RQ Al Badr Jakarta, kelulusan tahsin Iqro 6, 11 Januari 2024, santri Dzimat Satrio Rabbani

Santri RQ Al Badr, menuju prestasi hafalan Asmaul Husna

Landasan program menghafal Asmaul Husna khususnya bagi santri santri di Rumah Qur’an Al Badr adalah merujuk pada sebuah teks hadits yang isinya :

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا ، مِائَةً إِلا وَاحِدَةً ، مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.”

(HR. Bukhari, no.2736, Muslim, no.2677 dan Ahmad, no.7493).

Makna dari ‘menjaga’ adalah dengan menghafalnya, merenungkan maknanya, dan mengamalkan kandungan maknanya oleh karena adanya kebaikan yang banyak dan ilmu yang bermanfaat dalam mengamalkan kandungan makna dari asmaul husna tersebut.

Karena mengamalkannya merupakan sebab kebaikan bagi hati, kesempurnaan takut kepada Allah, dan menunaikan hak-Nya.

Dokumentasi video Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, santri santri dari halaqah 3 sedang praktik menghafalkan Asmaul Husna dengan irama khas yang indah.

Program menghafal Asmaul Husna direncanakan akan diterapkan kepada seluruh santri santri di Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi video Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, menguji hasil hafalan Asmaul Husna yang dibacakan para santri dari halaqah 3 dengan bacaan tanpa melihat teks tulisan.

Kabar terkini RQ Al Badr

Selamat datang para guru baru di Rumah Qur’an Al Badr Jakarta.

Berbicara pendidikan dan kelas pembelajaran, tentu kurang dirasakan lengkap bila tidak mengikutsertakan kabar terkini para guru, atau para asatidz yang memberikan bimbingan kepada para santri.

Terhitung sejak bulan Februari 2024, secara resmi Rumah Qur’an Al Badr telah mengundang 3 staf pendidik Al Qur’an ( guru mengaji ) yang baru untuk membantu operasional KBM di rumah Qur’an Al Badr Jakarta.

Secara regular 3 orang staf pendidik Al Qur’an yang baru tersebut diperbantukan untuk sementara waktu menggantikan ustadzah Badriyah yang saat ini sedang cuti untuk beberapa bulan ke depan.

Ke tiga staf pendidik Al Qur’an tersebut ialah :

1. Ustadz Lutvi

Beliau adalah guru pengganti untuk membimbing KBM halaqoh 4 kelas anak anak yang jadwal kegiatan nya di setiap hari Kamis sd Sabtu jam 16.00 sampai selesai.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, suasana kajian Iqro, halaqah 4

2. Ustadzah Matsani

Beliau adalah guru pengganti untuk membimbing KBM di halaqoh 1 kelas Ibu-ibu yang jadwal kegiatannya di setiap hari Rabu jam 18.30 sampai bada Isya.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, suasana kajian tahsin tilawah Al Qur’an kelas ibu ibu, halaqah 1

3. Ustadzah Azura

Beliau adalah guru pengganti untuk membimbing KBM halaqoh 2 kelas ibu-ibu yang jadwal kegiatan nya di setiap hari Kamis pagi jam 09.00 sampai selesai, serta halaqoh 1 kelas anak-anak yang jadwal kegiatannya setiap hari Senin sampai Rabu jam 16.00 sampai selesai.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr Jakarta, suasana kajian Iqro, halaqah 1

Manajemen Rumah Qur’an Al Badr dan segenap para santri serta seluruh jamaah pelajar mengucapkan selamat datang, Ahlan wa Sahlan, semoga kelak Rumah Qur’an Al Badr memperoleh kemudahan dalam mengembangkan dan menambah halaqah halaqah pembelajaran baru sebagai satu bentuk khidmah serta dakwah Islamiah bagi seluruh masyarakat muslimin di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Open chat
Assalamualaikaum warhamatullah..
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi admin.