Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al Badr

Pembentukan Al Badr Futsal Club

Lama tak terdengar kabar beritanya, kegiatan olahraga di lingkungan Rumah Qur’an Al Badr seolah bagaikan lenyap ditelan bumi.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, hiking lintas pegunungan team Rumah Qur’an Al Badr Jakarta.

Memang tidak ada kabar berita kegiatan olahraga yang bisa disampaikan, karena belum terlaksananya kembali agenda kegiatan olahraga bersama sama tersebut pasca masa masa pandemi yang belum lama berlalu.

Kini setelah situasi global telah berangsur angsur kembali membaik, seiring dengan berlangsungnya kembali kegiatan belajar ( KBM ) secara normal, sarana kelas pembelajaran pun dapat kembali dipergunakan dengan kapasitas maksimum, yaitu 100% jadwal kegiatan yang dapat kembali diselenggarakan.

Olahraga adalah bagian dari kegiatan belajar para santri

Sesuai dengan arahan dari para ahli kesehatan dan praktisi pendidikan, berolahraga adalah sejenis aktivitas yang sangat direkomendasikan untuk diselenggarakan secara rutin di lembaga lembaga pendidikan, baik formal maupun informal.

Di sekolah sekolah formal mulai dari tingkat sekolah dasar / SD, hingga sekolah menengah seperti SMP dan SMA, kegiatan olahraga bahkan sudah menjadi bagian dari kurikulum pembelajaran yang telah ditetapkan oleh kementerian pendidikan nasional.

Demikian pula di madrasah madrasah dan pondok-pondok pesantren, kegiatan olahraga sudah menjadi bagian dari kurikulum kegiatan belajar para santri.

Rumah Qur’an Al Badr, sebagai bagian dari unit penyelenggara pendidikan Al Qur’an turut pula menyelenggarakan dan mensosialisasikan kepada seluruh keluarga besar Rumah Qur’an Al Badr untuk menumbuh kembangkan budaya gemar berolahraga.

Pembentukan klub Futsal Al Badr

Pada bulan Januari 2024, Rumah Qur’an Al Badr melalui divisi kegiatan olahraga membentuk team olahraga futsal yang beranggotakan para santri Rumah Qur’an Al Badr.

Tujuan dari dibentuknya klub olahraga futsal ini adalah sebagai wadah kegiatan ekstrakurikuler, sekaligus sebagai wahana ajang silaturahmi dan sarana untuk membudayakan gemar berolahraga serta kreativitas di lingkungan santri Rumah Qur’an Al Badr.

Team futsal perdana Al Badr yang baru terbentuk berasal dari para santri halaqah 2 dan 3 yang memang sedari awal gemar bermain futsal dengan jadwal latihan reguler 2 pekan sekali.

Klub olahraga futsal ini dikelola penyelenggaraannya oleh penanggung jawab program olahraga Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr, “coach” Pace Loliek Romadhon Soma, atau yang biasa dikenal dengan sebutan bang Pace.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, “coach” Pace Loliek Soma Romadhon, olahragawan Al Badr.


Bang Pace, seorang figur penggemar kegiatan olahraga yang berasal dari kota Jayapura, provinsi Papua ini sebenarnya telah cukup lama menetap di ibukota Jakarta.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, “coach” Pace Loliek Soma Romadhon saat berlatih olahraga panahan di belakang wisma mitra 1 Rumah Qur’an Al Badr, Jakarta.

Beberapa cabang olahraga pun pernah ia tekuni seperti pencak silat, renang, sepak bola, atletik, hingga panahan.

Di Rumah Qur’an Al Badr, “coach” Pace Romadhon menjabat sebagai penanggung jawab kegiatan olahraga.

Direncanakan, pembentukan team olahraga futsal ini akan terus dikembangkan, apabila masih terdapat santri yang berminat mendaftar untuk mengikuti kegiatan nya.

Beberapa cabang olahraga tambahan yang kini tengah diwacanakan untuk dapat dijadikan pula sebagai alternatif pilihan cabang olahraga lainnya adalah renang dan panahan.

Event turnamen futsal

Guna menguji dan meningkatkan keterampilan para santri dalam bermain futsal, manajemen Rumah Qur’an Al Badr telah merencanakan untuk mengikut sertakan team Futsal Al Badr yang baru terbentuk tadi pada turnamen Futsal level usia sekolah dasar yang in syaa Allah akan diselenggarakan di lingkungan Al Ihsan Quranic boarding school pada pertengahan Februari mendatang.

Dokumentasi video Rumah Qur’an Al Badr, “coach” Pace Loliek Soma Romadhon saat berada di tengah santri Rumah Qur’an Al Badr yang sedang berlatih futsal.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, suasana latihan futsal team Rumah Qur’an Al Badr, Jakarta.

Berbagai persiapan, termasuk latihan pun diselenggarakan di sebuah lapangan Futsal di sekitar daerah Jeruk Purut, di bawah arahan langsung “coach” Pace Romadhon sebagai penanggung jawab bidang Olahraga di Rumah Qur’an Al Badr.

Jadwal pertandingan turnamen Futsal As Shalihin cup

Turnamen futsal antar SD, TPA / TPQ yang diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 10 Februari 2024 merupakan event perdana yang diikuti oleh team Futsal dari klub Futsal Al Badr.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, team futsal santri santri Rumah Qur’an Al Badr Jakarta saat tiba di lokasi turnamen futsal, siap untuk bertanding.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, team futsal santri Al Badr

Masyarakat gemar berolahraga

Jauh hari sebelum manajemen Rumah Qur’an Al Badr mengajak para santri untuk giat berolahraga, kegiatan tersebut sebenarnya sempat dilaksanakan secara teratur oleh para pengurus Rumah Qur’an Al Badr pada tahun 2020.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, suasana olahraga bersama team Rumah Qur’an Al Badr

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr, latihan dasar dasar Ju Jit Tsu yang dibimbing oleh ustadz Salim Lc

Beberapa jenis kegiatan olahraga yang sempat dijalani pada waktu itu adalah lari lari dan jalan jalan pagi, bulutangkis, beladiri Ju Jit Tsu, dan panahan.

Akan tetapi oleh karena situasi pandemi, kegiatan olahraga bersama tersebut kemudian terhenti dan belum berjalan kembali hingga kini.

Kegiatan olahraga lebih diarahkan untuk dilakukan sendiri sendiri.

Ke depannya kegiatan olahraga bersama ini akan kembali dimasukkan ke dalam jadwal kegiatan rutin yayasan.

Filosofi yang terdapat dalam kegiatan olahraga adalah kebersamaan, kesehatan, kebugaran, dan sportivitas dalam berolahraga sehingga seluruh santri dan keluarga besar Rumah Qur’an Al Badr bukan hanya pandai dalam mempelajari ilmu Al Qur’an, akan tetapi juga sehat dan kuat baik jasmani maupun rohaninya dengan mengikuti kegiatan olahraga.

Salam Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Open chat
Assalamualaikaum warhamatullah..
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi admin.