Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al Badr

Buku raport terbaik santri RQ Al Badr

Pada kesempatan kali ini, team Rumah Qur’an Al Badr akan kembali menampilkan serta membahas secara ringkas buku raport yang berisi catatan perkembangan dan prestasi belajar para santri yang sedang belajar mengaji di Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr

Menyebutkannya dengan predikat “raport yang terbaik” adalah sebagai suatu bentuk penghargaan atas keistiqomahan dan kesabaran seluruh santri di Rumah Qur’an Al Badr di dalam mengikuti kegiatan belajar, yang in syaa Allah akan tercatat pula sebagai amalan sholih dalam bentuk jihad fii Sabilillah di bidang tholabul ilmi.

Makna filosofis “buku raport terbaik”

Setiap santri pelajar yang sedang menimba ilmu khususnya bidang ulumul Qur’an di Rumah Qur’an Al Badr adalah bagian dari keluarga besar santri dan santriwati Rumah Qur’an Al Badr.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr

Santri pelajar yang berada di Rumah Qur’an Al Badr terdiri dari beberapa kalangan, mulai dari kelompok santri rentang usia sekolah ( SD, SMP ), hingga kelompok santri dewasa ( SMA ke atas ), serta santri kelompok masyarakat umum, baik dari kalangan laki-laki / Ikhwan, maupun perempuan / akhwat.

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr

Dokumentasi Rumah Qur’an Al Badr

Setiap individu santri pelajar tentu saja akan memiliki karakteristiknya masing masing, baik di dalam hal kecepatan memahami, kemampuan dalam menghafal pelajaran, hingga tingkat kecepatan dalam menghafal Al Qur’an.

Dengan berbekal kesabaran dan keistiqomahan serta semangat yang tinggi di dalam belajar, setiap santri pelajar dari seluruh kelompok usia tersebut akan memiliki kesempatan yang sama pula untuk dapat meraih keberkahan ilmu agama Islam, sesuai dengan tingkat kemampuannya masing masing.

Karena sejatinya, kepandaian dan kecerdasan seseorang sesungguhnya merupakan karunia dari Allah Subhanahu wa Ta’alaa.

Hanya berkat taufiq dan pertolongan Nya lah, seseorang akan mampu untuk beristiqomah / konsisten di dalam menuntut ilmu, sebagai satu bentuk amal amal kebajikan yang utama, seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah Shalallahu Alayhi Wassalam :

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat / mendapatkan sesuatu yang dia sukai, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan,

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Segala puji hanya milik Allah yang dengan segala nikmatnya segala amal kebaikan menjadi sempurna.’

Dan ketika beliau mendapatkan sesuatu yang tidak disukai, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan,

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Segala puji hanya milik Allah atas setiap keadaan’.”

( Hadits hasan Riwayat Ibnu Majah )

Secara eksplisit, hadits tersebut mempunyai makna yang amat luas dan mendalam.

Setiap keberhasilan dan prestasi yang gemilang di dalam belajar hanya akan dapat terwujud berkat nikmat dan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’Alaa saja.

Sebaliknya, akan selalu terselip untaian hikmah hikmah yang tersembunyi untuk setiap kekurangan dan kesulitan yang dapat terjadi di dalam kehidupan, termasuk di dalamnya adalah prestasi belajar.

Maka, baik santri pelajar yang berprestasi tinggi ataupun santri yang biasa biasa saja prestasi belajarnya, semuanya tetap akan menjadi yang terbaik di dalam versi pribadinya masing masing, oleh karena kesabaran dan keistiqamahannya di dalam menuntut ilmu.

Senada dengan hal tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Bersyukur Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Bersabar Itu pun baik baginya.”

(HR. Muslim, no. 2999)

Mengukur tingkat keistiqomahan santri dalam belajar

Seperti halnya ketentuan umum yang menjadi patokan di hampir seluruh lembaga lembaga pendidikan, tingkat persentasi kehadiran santri dalam mengikuti kegiatan belajar ( KBM ) merupakan parameter utama yang digunakan untuk mengukur tingkat keistiqomahan seorang santri dalam belajar.

Ketidak hadiran santri di kelas pada saat jadwal kegiatan belajar tengah berlangsung apabila tanpa disertai oleh keterangan yang jelas ( alpa ), merupakan satu indikasi adanya ketidak seriusan santri di dalam mengikuti pelajaran.

Sedangkan persentasi ketidakhadiran santri oleh karena izin, di satu sisi masih dapat diberikan kesempatan bilamana perizinan memang benar benar diperlukan. Akan tetapi di sisi lainnya, seorang santri hendaknya sedapat mungkin untuk tidak terlalu mudah dalam mengajukan perizinan, oleh karena jadwal belajar ( KBM ) yang telah ditetapkan harus ditepati dengan komitmen bersama.

Akan tetapi, masih terdapat satu kemungkinan lagi yang dapat menyebabkan ketidakhadiran santri di saat jadwal kegiatan belajar ( KBM ) tengah berlangsung, yaitu kondisi kesehatan santri yang sedang terganggu ( sakit ). Untuk itu perlu adanya tindakan pencegahan / preventif agar kondisi santri senantiasa berada dalam keadaan yang prima, sehingga dapat mengikuti jadwal belajar dengan sebaik baiknya.

Seorang peserta didik ( santri / siswa ) meskipun bukan tergolong santri yang cerdas dan berprestasi tinggi, sesungguhnya tergolong sebagai santri / siswa yang istimewa oleh karena keistiqomahannya dalam belajar.

Untuk itu mutlak diperlukan adalah komitmen, dedikasi, dan peran serta aktif dari para orang tua ( walisantri ) di dalam mempersiapkan kondisi putra dan putrinya agar dapat mengikuti seluruh materi pelajaran seperti yang telah dijadwalkan secara konsisten ( Istiqomah ).

Sorang santri, khususnya santri kategori anak usia sekolah tetaplah sebagai anak anak pada umumnya yang masih kental dengan dunia bermain dan sifat khasnya yang masih membutuhkan bimbingan dengan hikmah dan penuh kasih sayang dari kedua orangtuanya.

Pendidikan agama Islam bagi setiap putra dan putri, sesungguhnya adalah investasi masa depan bagi setiap orang tua dalam mempersiapkan keselamatan dan kemudahan, baik untuk urusan di dunia maupun di akhirat nanti.

Buku Raport terbaik santri Rumah Qur’an Al Badr, periode Safar 1445 H / September 2023 M.

Dalam postingan kali ini akan ditampilkan data prestasi dan perkembangan belajar para santri Rumah Qur’an Al Badr Jakarta.

Data prestasi santri Rumah Qur’an Al Badr cabang Salawati Tengah, Papua Barat akan ditampilkan pada kesempatan mendatang, in syaa Allah

Kelompok santri kelas anak usia sekolah

Halaqah 1, dibimbing oleh ustadzah Badriyah. S.Pd. Terdiri dari 11 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan tertinggi berada pada pembahasan Iqro jilid ke 4. Jadwal KBM di gedung aula RQ Al Badr, setiap hari Senin sampai Rabu, ba’da Asar sampai selesai.

Halaqah 2, dibimbing oleh ustadz Salim. Lc. Terdiri dari 11 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan tertinggi berada pada pembahasan tilawah Al Qur’an juz ke 5 dengan jadwal KBM setiap hari Senin sampai Rabu, bertempat di wisma mitra II RQ Al Badr, ba’da Asar sampai selesai. Di halaqah 2 ini, terdapat tiga orang santri yang sudah memiliki hafalan 50% dari Juz ke 30 ( juz Amma )

Halaqah 3, dibimbing oleh ustadz Salim. Lc. Terdiri dari 10 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan tertinggi berada pada pembahasan tilawah Al Qur’an juz ke 6 dengan jadwal KBM setiap hari Kamis sampai Sabtu, bertempat di wisma mitra I RQ Al Badr, ba’da Asar sampai selesai. Di halaqah 3 ini, terdapat dua orang santri yang sudah hafal Juz ke 30 ( juz Amma )

Halaqah 4, dibimbing oleh ustadzah Badriyah. S.Pd. Terdiri dari 10 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan tertinggi berada pada pembahasan Iqro jilid ke 6. Jadwal KBM di gedung aula RQ Al Badr, setiap hari Kamis sampai Sabtu, ba’da Asar sampai selesai.

Halaqah 5 ( Maghrib mengaji ), dibimbing oleh ustadz Rizki. Terdiri dari 10 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan tertinggi berada pada pembahasan Iqro jilid ke 4. Jadwal KBM di gedung aula RQ Al Badr, setiap hari Kamis sampai Sabtu, ba’da Maghrib sampai selesai.

Halaqah 6, dibimbing oleh ustadz Rizki. Terdiri dari 11 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan tertinggi berada pada pembahasan Iqro jilid ke 3. Jadwal KBM di wisma mitra II RQ Al Badr, setiap hari Senin sampai Rabu, ba’da Asar sampai selesai.

Halaqah 7, dibimbing oleh ustadz Aldi. Sy. Terdiri dari 10 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan tertinggi berada pada pembahasan Iqro jilid ke 2. Jadwal KBM di wisma mitra II RQ Al Badr, setiap hari Kamis sampai Sabtu, ba’da Asar sampai selesai.

Halaqah 8 ( Maghrib mengaji ), dibimbing oleh ustadz Aldi. Sy. Terdiri dari 10 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan tertinggi berada pada pembahasan Iqro jilid ke 1. Jadwal KBM di wisma mitra II RQ Al Badr, setiap hari Senin sampai Rabu, ba’da Maghrib sampai selesai.

Keterangan : tabel data belum tersedia

Kelompok dewasa, santri perempuan / akhwat

Halaqah 1, dibimbing oleh ustadzah Badriyah. S.Pd. Terdiri dari 8 orang siswi / santriwati aktif, dengan bahasan saat ini sampai pada bimbingan tilawah dan tahsin Al Qur’an juz ke 11. Jadwal KBM di gedung aula RQ Al Badr, setiap hari Rabu, ba’da Maghrib sampai selesai. Di Halaqah 1 ini terdapat dua orang santriwati yang telah hafal Al Qur’an juz ke 30 ( juz ‘Amma ).

Halaqah 2, dibimbing oleh ustadzah Badriyah. S.Pd. Terdiri dari 6 orang siswi / santriwati aktif, dengan bahasan saat ini sampai pada bimbingan dasar tahsin Al Qur’an metode As Syafi’i jilid pertama. Jadwal KBM di gedung aula RQ Al Badr, setiap hari Kamis, jam 9 pagi sampai selesai. Dalam pelaksanaannya, jadwal reguler biasa ditambahkan penyelenggaraan nya di setiap hari Selasa dan hari Sabtu, jam 8 pagi sampai selesai.

Kelompok dewasa, santri laki laki / Ikhwan

Halaqah 1, dibimbing oleh ustadz Salim . Lc. Terdiri dari 11 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan saat ini sampai pada bimbingan tilawah dan tahsin Al Qur’an juz ke 30 ( khatam ). Jadwal KBM di gedung aula RQ Al Badr, setiap hari Senin, ba’da Isya sampai selesai. Di Halaqah 1 ini terdapat dua orang santri yang telah hafal Al Qur’an juz ke 30 ( juz ‘Amma ).

Kelas belajar bahasa Arab tingkat dasar

Halaqah Ikhwan, dibimbing oleh ustadz Salim. Lc. Terdiri dari 5 orang siswa / santri aktif, dengan bahasan saat ini sampai pada materi pelajaran bab ke 6, kitab Durusulughoh Arobiyyah jilid ke II. Jadwal KBM di gedung aula RQ Al Badr, setiap hari Jum’at, ba’da Isya sampai selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Open chat
Assalamualaikaum warhamatullah..
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi admin.