Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al Badr

Beasiswa belajar santri RQ Al Badr

Beasiswa belajar santri RQ Al Badr

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh

Rumah Qur’an ( RQ ) Al Badr, bekerja sama dengan divisi bidang sosial di Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr, membuka kesempatan kepada masyarakat, kaum muslimin dan para muhsinin yang dermawan untuk ikut berpartisipasi dalam menginfaqkan sebagian hartanya dalam program donasi kilat ( flash donation ) bagi keperluan beasiswa calon santri pondok pesantren.

Mari kita turut serta bergotong royong untuk memenuhi kebutuhan santri Rumah Qur’an ( RQ ) Al Badr yang saat ini akan melanjutkan jenjang pendidikan formalnya ke tingkat madrasah Tsanawiyah ( setara SMP ) dan telah diterima sebagai calon santri pada seleksi penerimaan saat pendaftaran santri baru gelombang pertama di pondok pesantren tahfidz Al Qur’an dan bahasa Arab Zaid bin Tsabit Al-Hijrah yang berlokasi di Jl. Raya Ciangsana, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Data santri Al Badr, calon santri di pondok pesantren Zaid bin Tsabit Al Hijrah :

Nama   : Nadhar Pratama, putra pertama ibu Atik

Usia      : 13 tahun

Alamat : Jl. Ampera I, Rt 4 Rw 9 kelurahan Ragunan, kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Bekal hafalan Al Qur’an : setengah juz, dari juz ‘amma ( Surat An Naas – Al A’laa )

Kemampuan membaca Al Qur’an : Jayyid ( lancar dan baik )

Ahkamu tajwid : Jayyid ( baik )

Makhorijul huruf : Jayyid ( baik )

Presentasi dan tausiyah dari staf pengajar di pondok pesantren Zaid Bin Tsabit Al Hijrah, ustadz Jamil Al Lumbuki. Lc. saat acara tes penerimaan calon santri di pondok pesantren Zaid bin Tsabit Al Hijrah.

Perincian biaya masuk setelah ditetapkan diterima dipondok pesantren Zaid bin Tsabit Al Hijrah :

1. Uang pangkal ( pembangunan ) Rp. 8.000.000,-

2. Seragam sekolah santri, 3 set Rp. 750.000,-

3. Lemari & kasur Rp. 1.350.000,-

4. Kitab kitab pondok dan buku buku pelajaran madrasah Tsanawiyah untuk 2 semester Rp. 1.500.000,-

Jumlah biaya keseluruhan Rp. 11.160.000,-

Target kelulusan santri yang menuntut ilmu di pondok pesantren Zaid bin Tsabit Al Hijrah :

1. Hafal Al Qur’an 30 juz

2. Mahir berbahasa Arab, secara lisan dan tulisan

3. Memiliki lifeskill yang dibutuhkan masyarakat

4. Memiliki aqidah yang lurus, berakhlaq mulia, berprestasi, dan trampil.

Kesempatan berdonasi program beasiswa santri terbuka hingga 30 Juni 2022.

Donasi dapat ditransfer melalui rekening Bank Syariah Indonesia / BSI

Nomer 1130741635

Atas nama Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial AlBadr

Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Al Badr disupport pula dengan layanan Qris scan code untuk kemudahan donasi via internet banking.

Konfirmasi donasi beasiswa santri dan pusat informasi :

CP divisi humas YaPIS Al Badr :

087777880061 ( pak Suryono )

Mari berpartisipasi dalam program beasiswa santri, semoga setiap dukungan yang diberikan dapat menjadi simpanan amal jariyah dan bermanfaat seluas luasnya bagi kemaslahatan kaum muslimin dan seluruh masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Aamiin.

Diskripsi singkat program beasiswa Al Badr

Bagi mutiara generasi muda umat Islam Indonesia

Secara garis besar, beragam jenis kegiatan yang sedang berjalan di Rumah Qur’an ( RQ ) Al Badr dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu penyelenggaraan program Pendidikan dan program bantuan Sosial bagi penyelenggaraan pendidikan.

Berlangsung nya kedua program tersebut merupakan satu bentuk realisasi makna filosofis dari nama organisasi induk yang mengkoordinasikan manajemen di Rumah Qur’an ( RQ ) Al Badr, yaitu Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr.

Program pendidikan Islam meliputi semua penyelenggaraan KBM /  pembelajaran ilmu ilmu keagamaan Islam bagi masyarakat, sedangkan program sosial merupakan program pendamping dan penunjang untuk berjalan nya program penyelenggaraan pendidikan sebagai bagian dari khidmah / pelayanan Rumah Qur’an ( RQ ) Al Badr kepada masyarakat.

Secara informal, seluruh kegiatan belajar mengajar ( KBM ) ilmu ilmu Al Qur’an yang diselenggarakan di Rumah Qur’an Al Badr merupakan sebuah tahapan awal dari tahapan tahapan pembelajaran berikutnya.

Apabila keadaan seorang santri yang belajar mengaji di Rumah Qur’an Al Badr dinilai telah mencapai kriteria yang cukup sesuai dengan standar kemampuan dasar yang telah ditetapkan, maka santri tersebut dapat disarankan untuk melanjutkan pendidikan agama Islamnya ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi lagi seperti ke sekolah sekolah Islam terpadu, ataupun pondok pondok pesantren.

Standar kemampuan dasar bagi santri yang belajar di Rumah Qur’an ( RQ ) Al Badr itu meliputi kemampuan individual santri dalam membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah kaidah ilmu tajwid, bekal hafalan Al Qur’an yang cukup dengan target hafal juz ‘Amna, hingga pada sikap, perilaku, dan akhlak yang mulia serta kesungguh sungguhan santri tersebut untuk tetap terus belajar.

Pada kenyataannya ada beberapa persoalan yang muncul dan dirasakan dapat berpotensi menjadi faktor penghalang bagi berlangsungnya program pendidikan, seperti faktor kondisi dan kesiapan finansial yang berbeda beda bagi setiap keluarga yang ada di lingkungan masyarakat.

Guna mengantisipasi adanya hal tersebut, Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr melalui divisi bidang Sosial nya menyelenggarakan program bantuan beasiswa kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial ( YaPIS ) Al Badr membuka kesempatan kepada masyarakat kaum muslimin untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan dan membantu memenuhi kebutuhan finansial santri lulusan Rumah Qur’an ( RQ ) Al Badr yang bersemangat tinggi untuk dapat melanjutkan pendidikannya di pondok pesantren.

Semoga setiap apresiasi dan dukungan dari masyarakat, para donatur, dan para muhsinin yang dermawan kelak mendapatkan ganjaran pahala amal jariyah yang berlimpah dari Allah Subhanahu wa Ta’alaa yang maha kaya, maha pengasih, dan maha penyayang.

In syaa Allah setiap bentuk dukungan dari kaum muslimin merupakan satu bentuk kepedulian dan perhatian kita akan masa depan generasi muda di Indonesia.

Allahuma aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Open chat
Assalamualaikaum warhamatullah..
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan menghubungi admin.